Senin, 22 November 2010

Proses Pengambilan Keputusan

Dalam bermasyarakat tentunya kita pernah memiliki masalah. Nah, dalam penyelesaian masalah ini dibutuhkan proses pengambilan keputusan. Apa itu proses pengambilan keputusan??

Definisi Proses Pengambilan Keputusan
Proses pengambilan keputusan adalah proses dimana suatu individu atau kelompok mencari cara untuk menemukan suatu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah dalam suatu organisasi. Tentunya proses pengambilan keputusan harus dilakukan secara matang, artinya harus diperhatikan pro dan kontranya terhadap suatu keputusan yang telah didapat.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengambilan keputusan. Diantaranya sebagai berikut :

Cara-Cara Pengambilan keputusan

1. Voting
Cara ini sering sekali dilakukan karena dengan cara ini kita tidak perlu repot merundingkan suatu masalah dengan mengumpulkan banyak orang. Dengan voting kita hanya perlu membuat rumusan masalah dengan beberapa pilihan penyelesaian. Tidak sembarangan orang dapat ikut memberikan suara dalam sebuah voting. Biasanya orang yang memiliki hak saja dalam pemberian suara. Contoh nyata kegiatan ini adalah Pemilihan Presiden. Dalam pemilihan presiden hanya warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih saja yang dapat memberikan suara. Dalam hal ini calon presiden menjadi opsi bagi para pemilih. Nah, dari suara pemilih ini lah nantinya akan terbentuk sebuah keputusan. Dalam Voting opsi yang memiliki suara terbanyak (pemilih terbanyak) akan menjadi sebuah keputusan akhir.


2. Musyawarah
Cara ini identik dengan cara yang sering dilakukan oleh negara kita Indonesia. Musyawarah dalam arti kata adalah berkumpul. Sedangkan definisi Musyawarah adalah suatu cara pengambilan keputusan yang dilakukan bersama-sama untuk merundingkan suatu masalah sampai tercapainya suatu mufakat. Artinya suatu musyawarah akan selesai dilakukan apabila pihak-pihak yang hadir telah menyetujui keputusan yang diambil dari suatu rundingan tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Saya rasa musyawarah adalah cara yang paling cocok digunakan mengingat musyawarah tidak banyak menimbulkan pro dan kontra karena semua pihak yang hadir sudah menyetujui hasil keputusan dari musyawarah tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar