formulir (dokumen) adalah secarik kertas yang
memiliki ruang untuk diisi dengan informasi tanggal penjualan, nama wiraniaga
dengan kodenya, nomor urut, nama barang dan kodenya, kuantitas, harga satuan,
harga total setiap barang, harga total semua barang, dan tanda tangan wiraniaga
serta berisi informasi yang tercetak misal nomor urut formulir dan nama
formulir.
Manfaat penggunaan formulir elektronik sebagai
berikut:
1. Tidak pernah kehabisan formulir. Dengan formulir
elektronik, penawaran selalu sama dengan permintaan.
2. Tidak pernah ketinggalan zaman. Karena formulir
elektronik mudah sekali disesuaikan dengan perubahan kebutuhan dan keperluan.
Investasi untuk percetakan dan penyimpangan tidak diperlukan untuk pembuatan
formulir elektronik.
3. Ketidakefisienan formulir dapat dihindari.
Penggunaan formulir elektronik memungkinkan dengan segera menyesuaikan isi dan format formulir untuk memenuhi
keadaan sehingga memungkinkan penyediaan formulir tepat sesuai dengan kebutuhan pemakai.
4. Tidak memungkinkan penggunaan formulir yang
salah. Dengan formulir elektronik, pengendalian formulir dapat dilakukan dengan penentuan pemakai formulir tertentu
hanya terbatas kepada orang yang memiliki password. Orang yang akan menggunakan
formulir elektronik harus memasuki password, nama dan nomor formulir dan
komputer akan memberikan jenis formulir sesuai dengan kode dan nama ynag telah
dimasukkan ke dalam komputer.
5. Kecepatan pengisian formulir. Kusor akan berhenti
di setiap ruang kosong yang harus diisi data, dan membimbing mengisi ke dalam
urutan pengisian formulir secara logis. Jika perlu, help windrow dapat
disediakan di setiap ruang yang harus diisi data.
6. Penanganan data dilakukan sekali. Dengan
menggunakan formulir elektronik, duplikat penangkapan dan pemasukan data ke
dalam sistem informasi tidak akan terjadi.
7. Tidak ada
data yang mengambang. Dengan formulir elektronik, data dimasukkan dan
dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain secara elektronik, sehigga tidak ada
yang mengambang.
8. Kemudahan dalam pengolahan formulir.
FORMULIR MENURUT SUMBERNYA Formulir yang digunakan
dalam suatu organisasi, menurut sumbernya dapat digolongkan menjadi tiga:
a. Formulir yang dibuat dan disimpan dalam
perusahaan. Formulir ini dibuat dalam perusahaan, digunakan secara intern, dan
kemudian disimpan dalam perusahaan. contoh formulir ini: surat permintaan
pembelian, memo kredit, memo debit, kartu jam kerja, bukti permintaan dan
pengeluaran barang di gudang.
b. Formulir yang dibuat dan dikirimkan kepada pihak
luar perusahaan Formulir ini diterima dari perusahaan dan digunakan untuk
menyampaikan informasi kepada pihak luar perusahaan. contoh golongan formulir
ini adalah: faktur penjualan tunai, faktur penjualan kredit, surat order
pembelian, surat permintaan penawaran harga, bukti kas keluar, dan order penjualan.
c. Formulir yang diterima dari pihak luar perusahaan
Formulir ini diterima dari pihak luar sebagai akibat dari transaksi bisnis
antara perusahaan dengan pihak luar tersebut. Contoh golongan formulir ini
adalah: faktur pembelian, surat order dari pembelian, pernyataan piutang yang
diterima dari kreditur, dan rekening koran bank (bank statement).
Dalam merancang suatu formulir, seorang analis harus
mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:
1. Siapa yang memerlukan atau akan mendapat
informasi yang dicatat di dalam formulir tersebut. Hal ini akan menentukan
berapa lembar formulir tersebut harus dibuat.
2. Adakah formulir lain yang sekarang dirancang atau
sekarang digunakan berisi informasi yang sama. Jika ya, apakah ada kemungkinan
menyatukan informasi di dalam formulir yang dirancang ini dengan formulir lain
tersebut . Banyak perusahaan yang membuat faktur penjualan, surat muat (bill of
lading), slip pembungkus (packing slip) dan surat order pengiriman dalam satu
kali penulisan.
3. Apakah elemen-elemen yang harus dicantumkan di
dalam formulir yang telah disusun menurut urutan yang logis . Hal ini akan
mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengisian formulir dan
akanmengurangi waktu pengisian dan penggunaan formulir.
4. Apakah formulir tersebut akan memerlukan
penulisan dengan tangan atau pemrosesan dengan mesin, atau kedua-duanya . Hal
ini akan menentukan lebar spasi dan penggunaan garis atau hanya spasi saja.
5. Apakah formulir tersebut akan diisi dengan
pensil, tinta, mesin ketik atau mesin khusus atau dengan proses penggandaan
yang lain . Hal ini akan menentukan jensi dan mutu kertas yang akan digunakan
serta jumlah ruang yang harus disediakan untuk memungkinkan pencatatan
informasi.
6. Apakah formulir tersebut akan disimpan dalam
suatu arsip . Hal ini akan menetukan mutu kertas yang harus digunakan, ukuran
kertas, dan preforasi yang harus dibuat, jika hal ini diperlukan.
Sumber :
www.google.com
Sumber :
www.google.com
mas bro boleh minta tolong gag ini sumbernya dari buku apa aku butuh bgt buat tugas akhir aku, sms in aja ya mz ke no aku 085642355810 please bantu kasii info'
BalasHapusthx b4 :)