Senin, 23 Mei 2011

PERILAKU KONSUMEN

Di tulisan kali ini saya akan membahas tentang perilaku konsumen.

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Menurut saya konsumen adalah orang yang menggunakan barang atau jasa yang di pakai untuk kepentingan pribadi bukan untuk di perdagangkan.

di dalam UU PK ternyata terdapat syarat-syarat konsumen , yaitu :
1. Tidak untuk diperdagangkan
2. Pemakaian barang atau jasa untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain dan makhluk hidup lain.
3. Pemakai barang atau jasa, baik memperolehnya melalui pembelian maupun secara cuma-cuma


Elastisitas adalah suatu tolak ukur yang dapat mempengaruhi jumlah permintaan terhadap perubahan suatu faktor.
Menurut saya Elastisitas itu suatu metode yang dapat mengetahui tolak ukur dari jumlah permintaan.

Elastisitas Harga adalah suatu respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau merupakan perbandingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar , hal ini yang tercantum dalam hukum permintaan.
Menurut saya Elastisitas harga adalah suatu metode agar mengetahui harga suatu barang

Elastisitas akan menjadi besar jika :
1. harga relatif tinggi
2. ada banyak kemungkinan-kemungkinan penggunaan barang lain
3. terdapat banyak barang subsitusi yang baik


Elastisitas Silang adalah suatu permintaan konsumen terhadap suatu barang tidak hanya tergantung pada harga barang tersebut tetapi juga pada preferensi konsumen, harga barang subsitusi dan komplementer dan juga pendapatan.

Ternyata Elastisitas pun ada macam-macam juga yaitu :
1. elastisitas permintaan.
2. elastisitas permintaan dan total penerimaan.
3. elastisitas penerimaan.
4. elastisitas silang.
5. elastisitas penawaran.
6. elastisitas fisika dasar
7. elastisitas harga dari permintaan


Pendekatan perilaku konsumen pun dapat kita ketahui juga loh dengan cara :
1. Pendekatan kardinal : Suatu pendekatan yang berdasarkan tolak ukur
2. Pendekatan ordinal :Suatu pendekatan yang berdasarkan asumsi-asumsi masyarakat

kesimpulan menurut saya adalah :
1. konsumen adalah orang yang menggunakan barang atau jasa yang di pakai untuk kepentingan pribadi bukan untuk di perdagangkan.
2. Elastisitas adalah suatu metode yang dapat mengetahui tolak ukur dari jumlah permintaan
3. Elastisitas harga adalah suatu metode agar mengetahui harga suatu barang


Sumber :
http://www.google.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar