Senin, 04 Oktober 2010

Arti Pentingnya Organisasi, Ciri-ciri dan Unsur Organisasi

Disini saya akan menjelaskan tentang arti pentingnya organisasi serta ciri-ciri dan juga unsur yang terdapat dalam suatu organisasi. Tapi sebelum saya membahas hal tersebut ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa arti organisasi.


Arti Organisasi


Organisasi adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai wadah : tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses : memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi tersebut : 1. hub. formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
2. hub. informal = mempunyai 3 peranan :
1) sarana komunikasi
2) mengatur jalannya kerja sama
3) kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem : 1. sistem sosial (antar sesama manusia)
2. sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk tercapainya suatu tujuan)
3. sistem komunikasi




Arti Penting Organisasi
Organisasi sangat diperlukan, karena organisasi mempunyai arti penting untuk masyarakat, diantaranya :
1.  Mampu membantu masyarakat.
2. Menampung aspirasi atau pendapat dari masyarakat, baik anggota maupun non anggota organisasi.
3.  Menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama anggota organisasi.
4   Dapat memecahkan suatu masalah yang ada dalam masyarakat.
5.  Memupuk rasa saling percaya antar sesama anggota organisasi.



Unsur-unsur Organisasi 
Sedangkan unsur-unsur organisasi meliputi :


1. Manusia (Human) 
Dalam suatu organisasi, manusia diibaratkan sebagai suatu personel yang terdiri dari suatu organisasi tersebut yang menurut tingkat dan fungsinya terdiri dari administrator sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, dalam hal ini manajer menjadi pemimpin tiap-tiap divisi dalam suatu unit kerja yang dibagikan sesuai fungsi dan tugasnya, dan para pekerjanya.


2. Kerja Sama (Team Work)
Suatu kegiatan saling bantu membantu antar setiap anggota organisasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, suatu organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.


3. Tujuan Bersama
merupakan suatu arah atau sasaran akhir dari setiap usaha yang telah dilakukan oleh suatu
 organisasi. Setiap anggota organisasi harus mempunyai tujuan yang sama dengan anggota lainnya agar terwujudnya tujuan bersama.



4. Peralatan (Equipment)
Peralatan adalah segala sesuatu yang digunakan dan dibutuhkan dalam terbentuknya suatu organisasi.


5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. Termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain :

a. Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap daya gerak kehidupan organisasi, karena kondisi atau situasi akan selalu mengalami perubahan.

b Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.

c Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi. Wilayah operasi dibedakan menjadi : a). Wilayah kegiatan, yang menyangkut jenis kegiatan atau macam kegiatan apa saja yang boleh dilakukan sesuai dengan tujuan organisasi b). Wilayah jangkauan, atau wilayah geografis atau wilayah teritorial, menyangkut wilayah atau daerah operasi organisasi. c). Wilayah personil, menyangkut semua pihak (orang-orang, badan-badan) yang mempunyai hubungan dan kepentingan dengan organisasi. d). Wilayah kewenangan atau kekuasaan, menyangkut semua urusan, persoalan, kewajiban, tugas, tanggung jawab dan kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam batas-batas tertentu yang tidak boleh dilampaui sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


6.Kekayaan Alam
Yang dimaksud kekayaan alam adalah seperti flora dan fauna, iklim, cuaca, serta seluruh kejadian-kejadian lain yang terjadi secara alami di muka bumi ini.




Ciri-Ciri Organisasi

Organisasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1.      Mempunyai VISI dan MISI yang jelas, dimana setiap didirikannya organisasi tentu memiliki tujuan yang jelas agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan pendiri dan para anggota organisasi tersebut.
2.      Terdiri dari orang-orang yang berorientasi kepada tujuan, agar organisasi dapat berjalan lancar para anggota harus mempunyai tujuan-tujuan yang tentunya harus sama dengan tujuan organisasi yang diikuti.
3.      Berbaur dengan masyarakat, bila suatu organisasi tidak dapat berbaur dengan masrarakat tentu akan membuat organisasi tersebut sulit berjalan, karena anggota-anggota organisasi adalah masyarakat.
 
 
 
Demikian ulasan singkat mengenai organisasi yang saya buat.. 
Apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan..
Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian..  
 
 
Terima kasih



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar